Hampir semua orang di muka bumi ini memiliki media sosial untuk berinteraksi. Karena itu, alangkah ruginya jika tidak memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran demi menjangkau pasar yang lebih luas.
Sebagai pelaku UMKM, ada beberapa platform media sosial sebagai sarana pemasaran, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Linkedln. Namun sebagai langkah awal, mulailah terlebih dahulu dengan mempelajari cara kerja tiap media sosial, siapa saja penggunanya, dan bagaimana mereka berinteraksi. Selanjutnya, buatlah konten yang menarik terkait produk dan jasa yang mau ditawarkan.
Konten yang dibuat bisa dalam bentuk caption disertai foto produk berkualitas terbaik, video, animasi, infografis, kombinasi video dan caption, banner, dan sebagainya. Lakukan secara rutin untuk memproduksi konten ini sambil terus melakukan pengamatan yang detail di berbagai fitur pemasaran yang tersedia di masing-masing media sosial.
Seiring dengan berjalannya waktu, akan diketahui mana media sosial yang cocok dan bagaimana langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar strategi pemasaran diinginkan bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa mengusahakan agar followers atau pertemanan di media sosial media terus bertambah sehingga potensi audiens atau calon pelanggan yang melihat postingan dari waktu ke waktu juga semakin banyak.
Jika memiliki modal atau anggaran iklan yang lebih, dapat memanfaatkan fasilitas iklan yang ditawarkan masing-masing media sosial, misalnya dengan memasang iklan di Instagram Ads atau Facebook Ads. Hasilnya akan jauh lebih efektif dan dapat menjangkau audiens dengan lebih sempurna.
Telur puyuh adalah salah satu jenis telur yang cukup populer. Telur ini sering dipilih karena bisa menjadi alternatif yang lebih kecil dari telur ayam. Manfaat telur puyuh sangat banyak dan rasanya juga sangat mirip telur ayam tetapi ukurannya saja yang kecil. Bisa dimasak apa saja ya telur mini ini....simak di sini .
Comments
Post a Comment